Cara Menjual Tanah Agar Cepat Laku



Apakah saat ini Anda memiliki tanah yang tidak digunakan dan ingin menjual ke pihak atau orang lain? Menjual tanah memang perkara yang susah gampang. Karena menjual tanah berbeda dengan menjual rumah atau apartemen. Tidak jarang orang dengan mudah jual tanah murah karena ingin tanahnya segera terjual. Properti tanah memang lebih mudah untuk terekspos dibandingkan dengan bangunan. Apalagi saat ini ketersediaan jumlah tanah atau lahan untuk membangun rumah semakin sedikit. Karena tanah merupakan properti yang termasuk langka, tidak heran jika daya jual tanah semakin tinggi.

Faktor kelangkaan lahan atau tanah membuat proses jual belinya akan mengalami fluktuasi. Untuk itu, jika Anda ingin menjual tanah, Anda perlu menyusun strategi untuk yang cermat mengani cara menjual tanah agar cepat laku. Meski Anda menginginkan agar tanah Anda terjual dengan cepat, namun Anda juga perlu memperhatikan keuntungan yang akan didapatkan dari penjualan tanah tersebut. Jangan sampai karena keinginan atau target Anda untuk menjual tanah dengan cepat menjadikan Anda gegabah dalam melakukan transaksi jual beli tanah. Untuk itu diperlukan kesabaran yang ekstra dalam menjual apapun, termasuk tanah dengan target keuntungan yang telah Anda perhitungkan sebelumnya.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kesiapan dalam menjual tanah. Jika Anda masih ragu, sebaiknya jangan mengiklankan tanah Anda untuk dijual. Anda harus benar-benar yakin untuk menjual tanah. Hal ini untuk mencegah terjadinya saat ada konsumen yang datang untuk membeli, Anda sebagai pemiliki membatalkan penjualan tanah. Meski merupakan asset properti yang menjanjikan, namun proses perawatan tanah memang tidak mudah dan biaya perawatannya yang tidak sedikit. Lalu, bagaimana cara untuk menjual tanah agar cepat laku. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika menjual tanah agar cepat laku.

Cara Menjual Tanah agar Cepat Laku


1.    Menunjukkan Dokumen Legalitas Tanah yang Akan Dijual

Masalah legalitas tanah merupakan masalah yang paling sering dialami oleh konsumen. Tidak jarang kosumen menjadi korban penipuan atas dokumen tanah. Tentunya kejadian ini bukan hal yang diinginkan oleh setiap orang. Dengan banyaknya kasus penipuan dokumen tanah yang terjadi, tidak heran jika para konsumen semakin teliti dan sangat berhati-hati dalam melakukan pengecekan legalitas tanah yang akan mereka beli.

Calon pembeli akan lebih tertarik untuk membeli tanah jika surat dan dokumen legalitas tanah jelas dan rinci. Hal ini akan lebih meyakinkan karena tanah yang akan mereka beli telah legal. Sebagai penjual, Anda memiliki kewajiban untuk menunjukkan berbagai dokumen penting untuk ditunjukkan kepada konsumen. Tunjukkan bahwa Anda telah mengikuti segala prosedur untuk mendapatkan tanah tersebut. Dokumen yang Anda tunjukkan sebagai tanda bahwa tanah tersebut bukan tanah atau lahan sengketa. Dengan bergitu, Anda juga akan mendapatkan kepercayaan dari konsumen dan Anda juga dapat menawarkan harga tanah tersebut dengan harga yang tinggi.

2.    Lakukan Riset Sebelum Menentukan Patokan Harga

Sebelum memutuskan menjual tanah dengan harag tertentu. pastikan Anda telah melakukan survei lapangan terlebih dahulu mengenai harga tanah yang ada di pasaran. Survei yang dilakukan pun tidak hanya sekali, melainkan survei dilakukan jauh-jauh hari dan membutuhkan waktu yang konsisten. Harga tanah di pasaran dapat berubah sewaktu-waktu dengan siginifikan. Riset dan survei harga tanah diperlukan, karena persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang wajar.

Sebisa mungkin luangkan waktu Anda untuk mempelajari harga-harga yang ditetapkan oleh competitor. Dalam bisnis, harga adalah sesuatu yang sensitive, sehingga dibutuhkan pertimbangan dan perencanaan yang matang agar nilai jual Anda tidak kalah di pasaran. Riset dibutuhkan agar harga yang Anda tawarkan tidka terlalu mahal atau pun terlalu murah, sehingga masih bisa menguntungkan Anda.

3.    Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Tanah

Pemilik atau penjual tanah harus mengetahui apa yang menjadi keunggulan dan kekurangan dari tanah yang ditawarkan. Hal ini tentunya tidak luput dari pertanyaan konsumen saat merak datang untuk survei. Agar tanah atau lahan Anda cepat terjual, sebisa mungkin Anda menekankan pada kelebihan dari tanah yang akan Anda jual. Sebaliknya, kekurangan tanah dibuat tidak terlalu negative di mata calon pembeli.

Jika tanah Anda berada di pinggir jalan, tentunya ini menjadi kelebihan tersendiri karena sering dilalui oleh kendaraan yang lalu lalang. Hal ini bisa Anda tunjukkan bahwa tanah Anda berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan bahwa tanah Anda termasuk ke dalam lingkungan yang sehat, dekat dengan pusat kesehatan, perbelanjaan dan sebagainya.

4.    Menjalin Kerja Sama dengan Pihak Tertentu

Menjalin kerja sama dengan pihak tertentu merupakan salah satu strategi agar tanah Anda terjual dengan cepat. Misalnya menjalin kerja sama dengan pihak pengembang. Metode ini merupakan jalan keluar tercepat untuk menjual tanah. Pihak pengembang nantinya dapat mendirikan berbagai jenis rumah dengan model yang yang beragam dan tentunya banyak dicari oleh masyarakat.

Keuntungan lainnya adalah harga tanah akan tetap dibayar oleh pihak pengembang. Selain itu, tidak menutup kemungkinan Anda juga akan mendapatkan royalty dari hasil penjualan rumah dari pihak pengembang.

5.    Melakukan Promosi

Dalam bisnis apapun, promosi menjadi hal yang sangat penting agar produk yang Anda tawarkan diketahui oleh masyarakat. Selain itu, promosi yang menarik akan menarik minta konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Tidak terkecuali saat Anda menjual tanah. Promosi yang paling umum dilakukan adalah promosi dengan menggunakan media cetak. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, Anda juga bisa melakukan promosi secara online.

Anda dapat menggunakan poster, spanduk, banner, atau brosur sebagai media promosi cetak. Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi dari mulut ke mulut yang tentunya dengan bantuan teman atau kolega Anda. Anda juga dapat menggunakan media cetak lokal untuk memasang iklan dan tentunya disesuaikan degan budget yang Anda miliki. Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan promosi adalah mencantumkan lokasi, luas tanah dan kontak Anda serta tidak lupa menyertakan tanda “Tanah Murah Dijual”.

Itulah cara menjual tanah agar cepat laku sesuai dengan harga yang ditawarkan kepada calon pembeli.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjual Tanah Agar Cepat Laku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel