Pengertian Gangguan Bipolar, Kenali Agar Tak Salah Paham
Pengertian gangguan bipolar merupakan keadaan yang dikenal dengan sebutan gangguan manic depresif yang ditandai dengan perubahan suasana hati dan sama sekali tidak dapat diperkirakan. Gejalanya dari gangguan tersebut mencakup periode mania, perubahan suasana hati, dan selingan periode depresi.
Gangguan bipolar didiagnosa dengan kriteria tertentu dan telah ditetapkan oleh Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder atau DSM. Ada dua jenis dari gangguan bipolar :
·        Bipolar I memiliki periode manik tunggal dan muncul paling tidak satu kali
·        Bipolar II memiliki gabungan dari periode depresi mayor serta hipomanik.
Sebesar 1-3% populasi di dunia mengalami gangguan bipolar. Penyakit tersebut umumnya menimpa usia 20 sampai dengan 30 tahun. Walaupun jenis kelamin tidak mempengaruhi kondisi tersebut, akan tetapi pria cukup mendominasi periode manik dan sementara wanita cukup banyak mengalami periode depresif dalam hidup mereka.
verywellmind.com
Penyebab Gangguan Bipolar
Pengertian gangguan bipolar mengungkapkan penyebab secara spesifik dari gangguan tersebut serta gejala yang masih belum dapat diketahui dengan pasti. Akan tetapi, faktor keturunan ikut berperan dalam gangguan tersebut. Keturunan yang memainkan peranan cukup dominan, khususnya dengan sejumlah gen yang termasuk di dalamnya.
·        Anggota dari keluarga tingkat pertama yang menderita gangguan tersebut akan sepuluh kali memiliki resiko lebih besar untuk terkena kondisi tersebut. Penelitian terhadap anak kembar yang menunjukkan bahwa 40% dari mereka juga menderita gangguan ini, dan semakin memperkuat bahwa dugaan faktor genetis tentu menjadi peranan penting dalam kondisi tersebut.

·        Untuk pengambilan gambar pada otak juga menunjukkan terdapat perubahan terhadap amigdala, yakni bagian otak yang mengendalikan suasana hati serta emosi. Beberapa ahli mengungkapkan hal tersebut, dimana kelainan pada sirkuit otak juga menjadi salah satu faktor untuk perkembangan gangguan bipolar tersebut.

·        Faktor lingkungan juga dipercaya berperan dalam kondisi tersebut. Pengertian gangguan bipolar mengungkapkan bahwa adanya tekanan serta hubungan bermasalah kerap kali ditemukan pada pasien gangguan bilopar tersebut, sebesar 30-50% pasien dengan gangguan tersebut pernah mengalami tindakan tidak menyenangkan atau kejadian sulit dilupakan pada masa kanak-kanak sehingga membuat cedera emosional atau trauma.

Gejala Utama
Gejala utama dari pengertian gangguan bipolar yaitu mania. Mania dijelaskan sebagai sebuah periode seseorang mengalami perubahan pada suasana hati yang meningkat secara terus menerus dan selama satu minggu. Tahap, merupakan tahap merasakan paling tiga gejala, yakni perasaan melebih-lebihkan, lebih sering bicara, bersemangat, serta tidak berfokus pada satu ide saja, hanya perlu sedikit istirahat, agar perhatiannya dapat teralihkan, serta melakukan kegiatan-kegiatan dengan tinggi seperti berbelanja dan pelanggaran seksual.
Gejala tersebut umumnya menyebabkan kekacauan pada tugas, serta fungsi, dan kegiatan sosial pasien sehari-hari. Gejala tersebut dapat menjadi parah, dan membuat pasien bertindak lebih kasar serta perlu dirawat rumah sakit dan tidak melukai dirinya sendiri dan juga orang lain. Gejala fisik, misalnya pandangan tidak berfungsi dan terganggu, kemudian paranoid serta delusi ide dapat timbul. Setengah dari penderita gangguan bipolar tersebut berhalusinasi dan juga mengalami delusi.

Disamping itu, periode mania umumnya dimulai setelah beberapa hari dan bahkan berminggu-minggu. Menurunnya selera makan, gangguan pada saat tidur dan munculnya rasa cemas dapat menjadi awal dari periode mania ini. Periode ini biasanya berlangsung selama beberapa minggu dan juga sampai dengan satu tahun, khususnya apabila kondisi tersebut tidak dapat diatasi dan tidak terdapat  penanganan khusus dari dokter. Fenomena tersebut dikenal dengan nama siklus cepat dan sangat mungkin terjadi. Pada kondisi tersebut, pasien mengalami sedikitnya empat kali periode mania dan depresi selama satu tahun.

Sumber : https://www.docdoc.com/id/info/condition/gangguan-bipolar/


Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel